PROPOSAL
PENYEMPURNAAN LABORATORIUM KOMPUTER
1. Dasar Pemikiran
Di negara Indonesia,
teknologi informasi sudah marak. Namun, hasil yang kurang maksimal
sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan sumber daya manusia dalam
menggunakannya. Selain itu, perkembangan teknologi yang sifatnya global,
akan semakin sulit dipelajari bila tidak didukung dengan kemampuan
berbahasa asing. Bahasa sebagai alat untuk menyampaikan informasi
merupakan elemen kunci dalam penguasaan teknologi informasi dan
komunikasi. Peran dari sektor pendidikan dalam meningkatkan kemampuan
sumber daya manusia, dapat menjadi solusi dari masalah yang telah
disebutkan. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan pengenalan dan
pembelajaran secara dini terhadap teknologi informasi dan bahasa asing
di sekolah-sekolah.
Sebagai usaha dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, maka diperlukan sarana dan metode pengajaran yang baru dan lebih bermutu. Misalnya, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa di sekolah. Besarnya biaya untuk membangun ruang dan membeli peralatan laboratorium menjadi masalah dalam pelaksanaannya.Sebagai langkah dalam mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan pengembangan sistem “Laboratorium Pengajaran” yang diterapkan pada laboratorium komputer. laboratorium pengajaran adalah perangkat yang dibuat untuk mengoptimalkan kinerja laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi sebagai laboratorium bahasa. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini adalah untuk menghemat pembuatan lab. bahasa. Dengan adanya aplikasi ini, sekolah dapat menggunakan laboratorium komputer sekaligus sebagai laboratorium bahasa.
Sebagai usaha dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, maka diperlukan sarana dan metode pengajaran yang baru dan lebih bermutu. Misalnya, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa di sekolah. Besarnya biaya untuk membangun ruang dan membeli peralatan laboratorium menjadi masalah dalam pelaksanaannya.Sebagai langkah dalam mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan pengembangan sistem “Laboratorium Pengajaran” yang diterapkan pada laboratorium komputer. laboratorium pengajaran adalah perangkat yang dibuat untuk mengoptimalkan kinerja laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi sebagai laboratorium bahasa. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini adalah untuk menghemat pembuatan lab. bahasa. Dengan adanya aplikasi ini, sekolah dapat menggunakan laboratorium komputer sekaligus sebagai laboratorium bahasa.
2. Nama dan Jenis Kegiatan
Berlandaskan dasar pemikiran di atas,
SMA Bina Ilmu berupaya untuk melaksanakan sebuah proyek penyempurnaan
penggunaan laboratorium komputer agar sekaligus dapat digunakan sebagai
laboratorium bahasa. Proyek ini berkaitan dengan pemasangan perangkat
“Teaching Lab” dan pelatihan bagi guru.
3. Tujuan
Pembangunan Laboratorium bahasa dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :
a. Mempersenjatai
setiap siswa untuk keberhasilan, yaitu dengan membuat siswa lebih akrab
dengan komputer dan perkembangan teknologinya (Pengenalan sejak dini
terhadap teknologi informasi dan komunikasi.
b. Proses
pembelajaran berbagai bahasa asing dengan baik. Yaitu dengan
memamfaatkan komputer sebagai alat pengolah gambar dan suara.
c. Efisiensi dalam penyediaan peralatan laboratorium bahasa dan laboratorium komputer
d. Optimalisasi
pemfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai slah satu alat
untuk menyempurnakan model/metode pengajaran dan pembelajaran.
4. Mamfaat
Mamfaat yang dapat diperoleh dari penyempurnaan lab komputer ini adalah :
a. Guru dapat menyampaikan materi dengan bentuk digital sperti audio maupun video.
b. Terdapat
fungsi manajemen dan pengaturan materi pelajaran. Sehingga, guru tidak
perlu bingung untuk memilih kaset materi saat proses belajar mengajar
berlangsung.
c. Pengajar dapat berkomunikasi dengan seorang siswa atau seluruh siswa dan siswa dapat berkomunikasi dengan guru.
d. Kemudahan dalam memperbaharui materi pengajarab dan dalam membuat materi pengajaran sendiri.
e. Terdapat fitur yang memungkinkan siswa dapat memilih sendiri mater yang akan dipelajari.
f. Cara penggunaan software yang cukup mudah, dharapakan akan membantu emningkatkan proses belajar mengajar yang efektif.
g. Terdapat fitur kendali PC, sehingga siswa selalu fokus pada materi yang diberikan oleh guru.
h. Terdapat model ujian dengan cara pilihan berganda yang tidak ada pada laboratorium bahasa pada umumnya.
5. Waktu Pelaksanaan
Penyempurnaan laboratorium komputer
menjadi sekaligus sebagai laboratorium bahasa ini, memakan waktu sesuai
dengan tahap pengerjaannya. Waktu yang dibutuhkan adalah 3 hari. Dimulai
dari tanggal 26-29 September 2009 dengan perincian sebagai berikut.
No
|
Item
|
Lama ( Hari)
|
Keterangan
|
1
|
Pengecekan jaringan komputer
|
0.5
|
Cek koneksi LAN.(Apabila belum ada, maka dipasang terlebih dahulu
|
2
|
Instalasi Sistem
|
0.5
|
Instalasi sistem di setiap komputer
|
3
|
Pelatihan
|
2
|
Pelatihan penggunaan sistem untuk guru bahasa dan pengendali sistem.
|
TOTAL
|
3
|
6. Pelaksana
Proyek ini dilaksanakan oleh tim sebagai berikut :
a. Penanggung jawab : Kepala SMA Bina Ilmu
b. Ketua Pelaksaan : Drs. Chairil Mustafa, S.Pd.
c. Bendahara : Minota Keli, S.pd
d. Seksi dana : Drs. Mika Pelina
7. Pembiayaan
Pembiayaan dari proyek ini dirancang dengan perincian sebagai berikut
No
|
Item
|
Biaya
|
Keterangan
|
1
|
Sistem Teaching Lab (Versi Server)
|
Rp 2,500,000
|
Komputer utama untuk guru
|
2
|
Sistem Teaching Lab (Versi Client)
|
Rp 30,000,000
|
Biaya untuk 40 komputer. (1 komputer=750000)
|
3
|
Pelatihan
|
Rp 2,500,000
|
Selama 2 hari kerja
|
4
|
Headphone
|
Rp 1,800,000
|
Biaya untuk 40 komputer. ( 1 headphone=45000)
|
TOTAL
|
Rp 36,800,000
|
Biaya belum termasuk PPN
8. Sumber dana
Sumber dana untuk proyek ini diharapkan berasal dari:
a. Pihak Yayasan Pendidikan Bina Ilmu
b. Bantuan Pemerintah
c. Pihak orang tua siswa melalui persetujuan dewan sekola
9. Penutup
Demikian proposal “Penyempurnaan
Laboratorium Komputer” ini dibuat sebagai salah satu usaha untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Kami sangat berharap, proposal
ini dapat diterima dan dilaksanakan.
Medan, 20 Agustus 2009
Ketua Pelaksana,
Penanggung jawab,
Drs. Chairil Mustafa, S.pd. Drs. Rudi Hartono, S.pd.
NIP 1400024658 NIP 130224478
1 comment:
Nice !
Post a Comment